Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Tanpa Obat Khusus

DokterAA.com - Hingga saat ini penyebab pasti datangnya sariawan masih belum diketahui, karna sariawan di bibir, lidah, atau di bagian dalam mulut terkadang timbul disaat Anda sedang stres, alergi terhadap makanan, terkena infeksi virus/jamur, atau kekurangan vitamin/mineral. Penyebab sariawan juga terjadi saat sistem kekebalan tubuh bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, lidah atau dinding mulut tergigit, dan juga luka di mulut.

Sariawan
Sariawan. Foto : https://www.halodoc.com

Cara Penanganan Sariawan

Umumnya, dalam kurun waktu dari 10 hingga 14 hari sariawan akan sembuh dan meninggalkan bekas luka. Namun apabila Anda tidak sabar menunggu selama 2 minggu, obat sariawan alami berikut ini bisa menjadi alternatif:
  1. Meminum banyak air putih/mineral.
  2. Tempelkan es batu ke area sariawan.
  3. Berkumur dengan memakai larutan garam atau bisa juga dengan larutan baking soda ( dengan takaran 1 sdt baking soda dan ½ cangkir air yang hangat).
  4. Oleskan sedikit cairan magnesium hidroksida ke area sariawan beberapa kali sehari. Bahan ini ada pada obat penyakit maag cair.
  5. Makanlah sayuran, dan buah-buahan yang tinggi akan vitamin C, vitamin B, zat besi dan folat,. Kalau perlu, konsumsi suplemen yang berisi vitamin itu, terutama Vitamin C dan vitamin B kompleks agar dapat mempercepat penyembuhan.
Berbagai bahan alami. Foto : https://www.halodoc.com

Cara Pencegahan Agar Sariawan Tidak Makin Parah

Selain dari obat sariawan alami tadi, Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut agar sariawan tidak kian tambah parah, antara lain:
  • Kurangi atau kalau bisa jangan dulu mengonsumsi makanan yang terasa pedas atau asam karena dapat mengakibatkan iritasi dan nyeri pada sariawan.
  • Hati-hati saat mengonsumsi makanan yang dapat melukai area sariawan, seperti makanan asin, kacang-kacangan, keripik kentang, kopi, cokelat, atau biskuit, dan juga minuman beralkohol atau bersoda, serta makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin. 
  • Jika mulut sangat terasa sakit saat bersentuhan dengan sesuatu, pakailah sedotan jika ingin minum secara hati-hati. 
  • Selalu sikat gigi Anda secara perlahan, gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi bebas deterjen supaya sariawan tidak terinfeksi bakteri.
  • Konsumsi makanan lunak yang mudah ditelan, dipotong kecil-kecil, digiling, atau dihaluskan.
  • Berkumurlah dengan mouthwash atau obat kumur yang tak mengandung alkohol.
  • Jangan sengaja menyentuh area sariawan karena dapat menghalangi proses penyembuhan dan mengakibatkan infeksi menyebar.
  • Untuk sementara berhentilah merokok.
Dokter memeriksa pasien. Foto : https://www.halodoc.com
Jika setelah mencoba obat sariawan alami dan beberapa cara di tadi tidak kunjung membuat sariawan sembuh, disarankan segera memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Apalagi kalau luka sariawan ternyata terus berulang, semakin melebar, menyebar, dan berlangsung selama kurun waktu 3 minggu atau lebih, dan terasa terlalu sakit, padahal Anda sendiri sudah meminum obat antinyeri. Periksakan juga ke dokter saat Anda merasa kesulitan untuk minum atau mengalami demam tinggi ketika sariawan.

Walaupun saat ini memang beragam obat sariawan yang bisa Anda gunakan, tetapi mau bagaimanapun mencegah masih lebih baik ketimbang mengobati. Jadi, jagalah selalu kesehatan mulut Anda dengan rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari, agar sariawan tidak datang lagi.

Demikian artikel ini saya sampaikan, semoga apa yang saya tulis dapat menambah wawasan serta membantu Anda dalam menangani masalah Sariawan agar untuk kedepannya lebih berhati-hati. Terimakasih.

0 Response to "Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Tanpa Obat Khusus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel