8 Manfaat Sawi Putih dan Cara Mengolahnya

Manfaat Sawi Putih
Sawi Putih ( Sumber Gambar : http://google.com )

DokterAA.com
 
- Selain disebut sebagai sawi putih, sayuran ini juga sering disebut sawi china karena sering digunakan sebagai sayuran olahan masakan Tionghoa. Disebut sawi putih karena daunya yang cenderung berwarna kuning pucat dan tangkai daunya putih.

Selain sering dijadikan sebagai hidangan, sawi putih juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Karena memiliki keunggulan sebagai sayuran rendah kalori yang padat nutrisi.

Apa Saja Kandungan Sawi Putih ?


Seperti kebanyakan jenis sayuran lainya, sawi putih juga memiliki kandungan rendah kalori yang padat nutrisi. Bagaimana tidak, dengan 100 gram sawi putih hanya mengandung 9 kalori. Ternyata protein tak hanya terdapat pada sumber makanan hewani seperti daging dan ikan. Sayuran ini juga mengandung 1,7 gram Karbohidrat, 0,1 lemak, dan 1 gram protein. 

Selain itu juga, sawi putih menajdi sumber dari berbagai jenis vitamin serta mineral. Jenis vitamin dan mineral tersebut adalah sebagai berikut: vitamin B-1, vitamin B-6, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, dan natrium. Mulai sekarang kalian harus mengonsumsi secara rutin sawi putih ini, karena kandungan yang banyak tak bisa menjadi alasan untuk tidak mengonsumsi bukan?

Berikut Inilah 10 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan:


1. Sebagai Antioksidan


Antioksidan sangat berguna karena mampu mencegah dari penyakit berbahaya seperti: kanker atau penyakit jantung koroner. Tidak hanya itu, kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi, menjadikan sawi putih sebagai sayuran yang baik untuk menangkal dari radikal bebas dan mencegah dari kerusakan sel tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Mata


Karena mengandung vitamin A dan beta karoten membuat sawi putih berguna untuk menjaga kesehatan mata.

3. Melakukan Detoksifikasi Tubuh


Terkadang secara tidak sadar kita mengkonsumsi makanan yang mengandung racun, dengan memakan sayuran ini mampu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.  Mungkin saking sibuknya melakukan pekerjaan, sehingga membuat kita tidak sempat untuk mengontrol semuanya yang masuk ke dalam tubuh kita. Ternyata tanpa di sadari banyak terdapat zat berbahaya yang memasuki tubuh kita. Meskipun tidak begitu banyak, namun waktu demi waktu akan membuat racun itu semakin banyak  dan semakin berbahay untuk tubuh.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi, dapat membantu tubuh kita untuk melakukan perlindungan. Karena  kandungan klorofil yang terdapat pada sawi putih dipercaya dapat mengeluarkan racun lainya yang berada di tubuh.

4. Mengontrol Tekanan Darah


Kandungan kalium yang berada di sawi putih membuat sayuran ini mampu membantu mengontrol tekanan darah. Namun, bukan berarti sayuran ini dapat digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Untuk penderita hipertensi tetap harus rutin mengonsumsi obat dan melakukan hidup dengan pola sehat agar tetap mampu menstabilkan tekanan darah.

5. Mencegah Kanker


Manfaat berikutnya adalah mampu mencegah penyakit mengerikan kanker. Sebab kandungan vitamin. mineral, dan antioksidan yang tinggi membuat sayuran ini bermanfat untuk pencegahan kanker.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang


Kalsium dan vitamin K yang terkandung pada sawi putih mampu menjaga kesehatan tulang sekaligus mengantisipasi osteoporosis.

7. Baik dikonsumsi Ibu Hamil


Asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi kareena berguna untuk pertumbuhan sel serta DNA. 

8. Membantu Diet


Manfaat sawi putih yang terakhir adalah berguna untuk menjadi menu dalam program diet. Akan tetapi tak secara langsung dengan mengonsumsi sawi putih dalam porsi yang banyak  dapat memengaruhi terhadap berat badan yang akan turun.

Cara Mengolah Sawi Yang Disarankan


Tak hanya untuk dijadikan sebagai pelengkap, mulai sekarang anda juga perlu untuk mengolah sawi  untuk memperoleh manfaatnya. Berikut adalah cara-cara mengolah sawi yang dapat kalian terapkan di rumah.

1. Ditumis


Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa sayuran yang ditumis mampu menghilangkan nutrisinya. Hal ini tak selamanya benar. Anda juga boleh mengolah sawi dengan cara ini. Akan tetapi agar nutrisi tetap terjaga, disarankan untuk menggunakan minyak sedikit saja.

2. Direbus atau dikukus


Cara berikutnya adalah dengan mengolah sawi direbus atau dikukus. Cara ini cocok bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan atau diet. Rebus atau kukus sawi sebentar saja agar tidak menurunkan kandungan nutrisinya.

3. Dijus


Cara terakhir adalah dengan dijus. Anda bisa mengkombinasikan dengan sayuran maupun buah-buahan lainya seperti mangga atau wortel agar rasanya lebih nikmat dan manfatnya juga bertambah banyak. Jika kalian takut dengan gula, kalian boleh menambahkan madu secukupnya.

Banyaknya manfaat yang terkandung pada sawi putih membuat kalian harus mengonsumsinya secara rutin. Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukan sawi putih memiliki efek samping. Akan tetapi ada yang berpendapat bawa kandungan vitamin K yang terdapat pada sawi sangat tinggi dan jauh melebihi kebutuhan sehari, jadi sebaiknya mengonsumsi secukupnya saja.

Tentang efek tingginya vitamin K masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun tetap  harus diwaspadai. Sebaiknya mengonsumsi sawi dengan campuran makanan lainya agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Semogga artikel ini bermanfaat!

0 Response to "8 Manfaat Sawi Putih dan Cara Mengolahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel